Penyebab Haid Tidak Lancar dan Dampaknya pada Kesehatan Perempuan

Feminax_Penyebab Haid Tidak Lancar dan Dampaknya pada Kesehatan Perempuan

Menurut riset yang dilakukan oleh Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, haid tidak lancar dialami oleh lebih dari 13 persen perempuan di  Indonesia yang berusia 10-55 tahun. Siklus haid yang tidak teratur ini bisa menimbulkan kebingungan dan kekhawatiran bagi mereka yang mengalaminya. Dalam artikel ini, kita akan bahas penyebab umum haid tidak lancar dan dampaknya pada kesehatan perempuan.

 

Stres

Tekanan emosional dan fisik yang tinggi dapat mengganggu produksi hormon dalam tubuh, termasuk hormon yang terlibat dalam siklus haid. Akibatnya, siklus haid bisa menjadi tidak teratur atau bahkan terhenti.

 

Perubahan Berat Badan

Perubahan berat badan yang drastis, baik peningkatan maupun penurunan, dapat mempengaruhi siklus haid. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menghasilkan kadar hormon yang tidak seimbang, sedangkan kekurangan berat badan atau anoreksia dapat menghentikan produksi hormon yang diperlukan untuk menstruasi.

 

Pola Makan yang Tidak Sehat

Nutrisi yang tidak seimbang atau pola makan yang tidak sehat dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh. Kekurangan nutrisi penting seperti zat besi, vitamin D, atau asam lemak omega-3 dapat mengganggu siklus menstruasi dan menyebabkan haid tidak lancar.

 

Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

PCOS adalah gangguan hormonal yang umum terjadi pada perempuan usia reproduksi. Kondisi ini ditandai dengan pertumbuhan folikel yang tidak normal di dalam ovarium, yang mengganggu proses ovulasi dan dapat menyebabkan haid tidak teratur atau tidak datang sama sekali. Gejala lain yang sering terkait dengan PCOS adalah peningkatan produksi hormon laki-laki, gangguan kesuburan, dan pertumbuhan rambut yang berlebihan.

 

Gangguan Tiroid

Gangguan tiroid, seperti hipotiroidisme atau hipertiroidisme, dapat mempengaruhi siklus haid. Ketidakseimbangan hormon tiroid dapat menyebabkan haid menjadi tidak teratur, lebih jarang, atau lebih sering.

 

Menopause dan Perimenopause

Selama masa perimenopause dan menopause, perempuan mengalami perubahan hormon yang signifikan. Hal ini dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak teratur atau bahkan berhenti sama sekali.

 

Dampak Haid Tidak Lancar

Dampak haid tidak lancar pada kesehatan perempuan dapat bervariasi tergantung pada penyebab dan keparahannya. Beberapa dampak yang mungkin terjadi adalah:

  • Ketidaknyamanan fisik seperti nyeri perut yang intens, kram, atau sakit punggung selama haid.
  • Ketidakpastian dan kecemasan mengenai waktu haid yang tidak teratur atau tidak terjadinya haid.
  • Masalah kesuburan bagi wanita yang ingin hamil, karena sulit untuk mengidentifikasi masa subur yang tepat.
  • Risiko peningkatan terjadinya kondisi kesehatan yang mendasari, seperti PCOS atau gangguan tiroid.

 

Penting untuk tahu penyebab haid tidak lancar dan kamu bisa konsultasi dengan profesional medis jika mengalami gangguan menstruasi yang berkepanjangan ya. Pemeriksaan medis dapat membantu menentukan penyebab yang mendasarinya dan merencanakan langkah-langkah pengelolaan yang tepat lho, bestie.

See more article

Self Care, Penting Ngga Sih?

Di tengah kesibukan dan tuntutan hidup yang makin gila-gilaan, seringkali kita lupa ngurusin diri sendiri. Benernya self care penting ga sih?

Selengkapnya > about Self Care, Penting Ngga Sih?

5 Tips Sederhana untuk Mendorong Pengembangan Diri

Bicara tentang pengembangan diri kayaknya ribet dan butuh waktu lama ya? Tenang, bestie! Ada 5 tips sederhana yang bisa kamu terapin.

Selengkapnya > about 5 Tips Sederhana untuk Mendorong Pengembangan Diri

Stop Begadang! Ini Dampaknya Buat Kesehatan Wanita

Begadang jadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang, termasuk wanita. Tapi, begadang berdampak yang buruk bagi kesehatan lho.

Selengkapnya > about Stop Begadang! Ini Dampaknya Buat Kesehatan Wanita