Self Care, Penting Ngga Sih?

Feminax_Self-Care,-Penting-Ngga-Sih

Di tengah kesibukan dan tuntutan hidup yang makin gila-gilaan, seringkali kita lupa ngurusin diri sendiri. Terjebak dalam siklus kerja, tanggung jawab, dan ekspektasi yang bikin stres, capek dan berbagai dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. Di sinilah pentingnya self care atau perawatan diri.

 

Apa sih Self Care?

Self care adalah sebuah konsep yang mengacu pada tindakan yang kita lakukan untuk menjaga kesehatan fisik, mental, dan emosional diri sendiri. Bukan tentang memanjakan diri, tapi tentang mengutamakan kebutuhan diri agar bisa menjalani hidup dengan maksimal.

Self care bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya:

  • Merawat kesehatan fisik dengan cara makan makanan bergizi, olahraga teratur, tidur cukup, dan cek kesehatan rutin.
  • Menjaga kesehatan mental bisa dilakukan dengan meditasi, yoga, journaling, atau curhat ke psikolog/psikiater kalo stres dan cemas.
  • Memperkaya jiwa dengan baca buku, dengerin musik, nonton film inspiratif, atau ngelakuin kegiatan kreatif lainnya.
    Bangun hubungan sosial yang positif. Caranya dengan habiskan waktu bareng orang-orang tersayang, gabung komunitas yang positif, dan jalin hubungan yang sehat.
  • Tetapkan batasan yang sehat. Belajar bilang “tidak” pada hal yang gak sesuai sama nilai dan prioritas diri, dan berani ungkapin kebutuhan dan perasaan diri.

 

Kenapa Self Care Penting Banget?

Self care tuh punya banyak manfaat, lho! Di antaranya:

  • Kesehatan Fisik dan Mental.
    Ini mencakup kebiasaan sehari-hari seperti tidur yang cukup, makan dengan baik, dan berolahraga. Tidak hanya mendukung kesehatan fisik, tetapi juga punya dampak positif pada kesehatan mental. Meluangkan waktu untuk merawat tubuh dapat mengurangi tingkat stres dan kelelahan, meningkatkan energi, dan meningkatkan fokus.
  • Pencegahan Burnout.
    Dalam dunia yang penuh tekanan dan tuntutan, burnout jadi risiko yang nyata. Dengan merawat diri, kanu bisa terhindar dari kelelahan yang berlebihan dan menjaga kestabilan emosional. Istirahat yang cukup dan melakukan kegiatan yang menyenangkan bisa bantu mengurangi tingkat stres dan mencegah burnout.
  • Meningkatkan Kualitas Hidup.
    Self care tidak hanya tentang menjaga kesehatan, tetapi juga tentang meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Meluangkan waktu untuk mengejar hobi, berkumpul dengan orang-orang yang dicintai, atau bahkan hanya bersantai sejenak dapat memberikan kebahagiaan dan kepuasan.
  • Meningkatkan Produktivitas.
    Sebuah pikiran yang segar dan tubuh yang sehat dapat meningkatkan produktivitas. Dengan memberikan waktu untuk istirahat dan rekreasi, kamu bisa kembali dengan energi yang diperbaharui dan kemampuan kognitif yang lebih baik.
  • Membangun Hubungan yang Sehat.
    Self care juga mencakup aspek sosial. Punya hubungan positif dengan diri sendiri bisa membantu dalam membangun hubungan yang sehat dengan orang lain. Seseorang yang merawat diri dengan baik cenderung lebih mampu memberikan dukungan emosional kepada orang lain.

 

Self Care Bukan Egois!

Masih banyak yang menganggap self care sebagai tindakan egois. Banyak yang berpikir kalau fokus ke diri sendiri berarti mengabaikan orang lain. Nah, anggapan ini tuh keliru banget. Bukan tentang mengabaikan orang lain, tapi lebih ke memenuhi kebutuhan diri sendiri agar bisa hadir dengan penuh kasih dan energi positif bagi orang lain.

Ketika kita udah merawat diri dengan baik, kita bakalan punya lebih banyak energi dan sumber daya untuk membantu orang lain. Kita juga bakalan lebih sabar, fleksibel, dan mampu menghadapi berbagai tantangan hidup dengan lebih baik.

 

Apa Aja yang Bisa Dilakukan?

Self care tidak harus mahal atau rumit. Berikut beberapa tips untuk memulainya:

  • Luangkan waktu untuk diri sendiri. Sisihkan waktu setiap hari, meskipun hanya 10-15 menit, untuk melakukan kegiatan yang kamu sukai dan membuatmu merasa rileks.
  • Dengarkan tubuh. Perhatikan apa yang dirasakan dan apa yang dibutuhkan tubuh. Makan makanan sehat, olahraga teratur, dan tidur cukup.
  • Berhenti sejenak dan tarik napas. Ketika stres atau overwhelmed, berhentilah sejenak dan tarik napas dalam-dalam. Lakukan meditasi atau mindfulness untuk membantu menenangkan pikiran dan fokus pada saat ini.
  • Cari dukungan. Join komunitas online atau offline yang fokus pada self care. Berbicaralah dengan teman, keluarga, atau terapis tentang apa yang kamu rasakan.

Self care tuh investasi jangka panjang untuk kesehatan dan kebahagiaan. Dengan memprioritaskan kebutuhan diri, kamu bakalan mampu menjalani hidup yang lebih sehat, bahagia, dan penuh makna.

Ingat ya bestie, self care bukan egois. Justru dengan merawat diri dengan baik, kamu bakalan punya lebih banyak energi dan sumber daya untuk membantu orang lain.

See more article

5 Tips Sederhana untuk Mendorong Pengembangan Diri

Bicara tentang pengembangan diri kayaknya ribet dan butuh waktu lama ya? Tenang, bestie! Ada 5 tips sederhana yang bisa kamu terapin.

Selengkapnya > about 5 Tips Sederhana untuk Mendorong Pengembangan Diri

Stop Begadang! Ini Dampaknya Buat Kesehatan Wanita

Begadang jadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang, termasuk wanita. Tapi, begadang berdampak yang buruk bagi kesehatan lho.

Selengkapnya > about Stop Begadang! Ini Dampaknya Buat Kesehatan Wanita

Ini 5 Manfaat Vitamin E Bagi Perempuan yang Jarang Diketahui

Vitamin E merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh manusia. Cek artikel ini untuk tahu manfaatnya.

Selengkapnya > about Ini 5 Manfaat Vitamin E Bagi Perempuan yang Jarang Diketahui