Kamu Wajib Tahu! 5 Mitos Tentang Haid yang Masih Populer di Masyarakat

Sisters, ada banyak mitos atau fakta menstruasi yang terkadang bikin perempuan jadi bertanya-tanya, bener gak sih? Nah, buat meluruskannya, Femii sengaja buat tulisan ini biar kamu gak lagi kemakan mitos-mitos tentang menstruasi. Jadi, kamu bisa lebih mindful menyambut datangnya menstruasi tanpa perlu bingung dengan mitos-mitos yang beredar. So, kamu bisa lebih siap dan bisa #DapetinHariPertama di saat haid menyapa! Yuk langsung aja kita simak 5 mitos tentang menstruasi dan apa faktanya, cekidot! 

1. Darah haid adalah darah kotor, faktanya darah haid adalah darah dari dalam tubuh kita. Bedanya, darah haid mempunyai konsistensi yang kurang pekat dan memiliki sedikit sel darah.     

2. Kalau haid, gak boleh keramas! Hmmm, ini big no ya, Sisters. Walaupun lagi haid, kamu tetap harus menjaga kebersihan badan, salah satunya dengan keramas. Karena keramas tidak ada sangkut pautnya dengan haid.

3. Jangan minum air dingin, nanti darah haidnya beku. Well, setiap minuman yang kita minum larinya akan ke sistem pencernaan tubuh dan menstruasi terjadi di rahim. Jadi, ini two different things, ya Sist. 

4. Gak boleh berenang, nanti mandul dan kolam bercampur darah. Well well well, mandul gak ada hubungannya dengan berenang, justru berenang malah bisa membantu meregangkan otot disekitar punggung yang ikut nyeri pas lagi haid. Jangan lupa buat selalu gunakan pembalut baru sebelum berenang. Pembalut basah jadi mudah bocor saat di air. 

5. Jangan minum obat pereda nyeri haid, nanti darahnya berhenti dan bisa mandul. Faktanya, minum obat pereda nyeri haid itu diperbolehkan, karena mengurangi kram perut pada saat haid dan tidak akan menyebabkan haid berhenti, apalagi mandul. Justru dengan bantuan obat pereda nyeri seperti Feminax, kamu jadi bisa lebih nyaman menjalani hari tanpa perlu meringis ngerasain sakitnya. Karena Feminax bisa membantu meringankan kram perut. Jadi, kamu bisa #DapetinHariPertama dan stay active menjalani aktivitas.

Nah, itu dia mitos-mitos yang masih beredar di masyarakat. Be young and wise, ya Sisters! Jangan lupa buat selalu cross check kebenaran informasi yang kamu dapatkan, sebelum menerapkan dan mempercayainya. Salam hangat dari Femii, cheers buat kita semua!

 
    Share to Facebook Share to Twitter